REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

• REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Sunday, 08 May 2011 08:11

PERJALANAN BANDAR LAMPUNG – JAKARTA

Bagus Satrio Utomo
Oleh Bagus Satrio Utomo

Damri Lampung - JakartaKapan terakhir kita naik bis DAMRI ? terutama yang bis AKAP, kalau yang DAMRI ke bandara sih passti sering kan….. kemarin tanggal 5 November 2008 saya naik bis DAMRI dari Bandar Lampung menuju Jakarta.

Saya memilih pemberangkatan jam 10 pagi dari stasiun Tanjung Karang lampung dengan menggunakan bis kelas eksekutif. Dengan tiket seharga Rp. 150.000,- bis Mercedes benz berkaroseri scania RI ini terisi penuh 26 penumpang perlahan keluar meninggalkan stasiun tanjung karang. Dari sini ada 3 jurusan yaitu ke Bandung, Bogor dan Jakarta. Untuk yang ke Jakarta (st. Gambir) ada 2 bis (eksekutif dan patas AC) dan 2 kali pemberangkatan( Malam dan pagi).

Bis terus melaju menyusuri kota Bandar Lampung menuju bakaheuni. Cuaca hari itu sangat Damri Lampung - Jakartapanas namun AC bis DAMRI yang saya tumpangi sangat dingin hingga tidak terasa kalau diluar sangat panas. Sekitar pukul 11, bis sudah memasuki jalur Sumatra di daerah kalianda yang terkenal dengan pasir putihnya, di jalur ini memang truk-truk sangat mendominasi tapi beberapa kali saya bersisipan dengan Putra Remaja, Rosalia Indah, Maju Lancar, SAN, ALS, Tri Sumber Urip dan bis – bis jarak dekat. Pukul 12.00 bis berhenti untuk istirahat di rumah makan Siang Malam di daerah Lampung Selatan, di tempat ini juga istirahat bus Rosalia Indah, Putera Remaja. Jam 12.30 kita melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan bakaheuni dan tepat jam 13.00 bis DAMRI yang saya tumpangi langsung menuju dermaga III untuk masuk kapal dan menyebrang ke Merak. Tidak terlihat antrian panjang untuk masuk ke kapal, selain bis juga truk – truk besar yang akan menuju pulau jawa. Di kapal yang besar ini saya kealuar bis untuk menuju deck atas bergabung dengan penumpang kapal lainnya untuk istirahat dan menikmati keindahan selat sunda, karena memang penyebrangan ke Merak membutuhkan waktu 2 jam.

Jam 15.00 sampailah saya di pelabuhan Merak, satu persatu kendaraan yang ada didalam kapal keluar termasuk bis DAMRI yang saya tumpangi. Cuaca saai itu tidak begitu panas karena memang agak mendung… bis langsung menuju jalan tol Jakarta merak, saya lihat terminal baru Merak yang cukup megah dan beberapa bis terparkir disana seperti Primajasa, Asli Prima, Armada, Arimbi dll. Memasuki jalan tol merak ini saya tertidur lelap hingga bangun bis sudah memasuki tol Tangerang. Bis terus melaju kearah Tomang terus ke cideng dan keluar di jalan medan merdeka menyusuri balaikota dan akhirnya tepat pukul 17.00 bis DAMRI bernomor BE 3645 ini memasuku stasiun Gambir. Berakhirlang perjalanan saya dari Bandar Lampung ke Jakarta. (WM)