REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

Kembali ke Jakarta dengan PO. Sumber Alam

Liputan oleh : Bayuaji Sudibyo untuk JakBuS.com

PO. Sumber AlamMinggu, 3 Agustus 2008 jam 17.15 WIB sampailah saya di Terminal Bus Kebumen. Segera saja saya menuju ke agen PO Sumber Alam untuk menukarkan tiket. Saya telah membeli tiket sehari sebelumnya.

Di jalur pemberangkatan terparkir 6 bus PO Sinar Jaya siap berangkat ke Jakarta. Sementara sebuah bus PO Malino Putra tujuan Jakarta berjalan perlahan meninggalkan terminal. Sore itu, suasana terminal relative sepi. Bus-bus jarak dekat tujuan Solo, Jogja, Semarang dari Cilacap atau Purwokerto dan sebaliknya tidak ada yang masuk ke terminal. Terminal Bus Kebumen memang jarang disinggahi bus-bus jarak dekat. Untuk tujuan Solo, Jogja, atau Semarang, bus-bus lebih memilih ngetem di pertigaan Kedungbener. Sementara yang ke arah Cilacap atau Purwokerto, lebih memilih ngetem di Simpang Lima Pejagoan. Sayang rasanya, terminal yang dibangun dengan biaya besar tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Hanya di sore hari, terminal menjadi rame karena bus-bus tujuan Jakarta menaikkan penumpang.

Mendekati jam 17.30 WIB bus-bus Sinar Jaya mulai bergerak meninggalkan terminal. Sementara bus-bus PO Rosalia Indah mulai masuk dan sekedar melintas saja. Bus-bus PO Rosalia Indah ini merupakan bus-bus dengan rute Semin/Wonosari-Jogja-Jakarta. Bus-bus PO Sinar Jaya dari Jogja atau Purworejo tujuan Jakarta juga berdatangan dan beberapa berhenti untuk menaikkan penumpang.

Selain itu bus-bus PO Handoyo dan PO Maju Lancar juga masuk terminal. Beberapa berhenti menaikkan penumpang dan yang lain hanya sekedar melintas. Mendekati pukul 18.00 WIB, bus-bus PO Sumber Alam mulai berdatangan.

Pukul 18.10 WIB bus yang akan saya tumpangi masuk ke terminal. Hari itu saya naik bus PO Sumber Alam Patas AC Toilet  tujuan Pulogadung dengan No. Pol AA 1404 AL. Bus ini bermesin Volvo dengan karoseri Laksana.

Bus saya naiki memang bukan bus baru, tetapi lumayan nyaman. Di sisi kiri bus terdapat 9 seat, tetapi tetap terasa lapang. Dari Kebumen naik 2 orang termasuk saya.
Bus pun berjalan perlahan meninggalkan terminal.

Bus PO Sumber Alam berjalan tidak terlalu kencang. Bagi yang biasa naik bus balap dan suka nge-blong, maka ketika naik Sumber Alam akan terasa lemot. Sopir pun tidak terpancing untuk berjalan kencang ketika di-blong bus-bus lain. Di jalanan pun bus yang saya tumpangi didahului oleh bus-bus PO Maju Lancar maupun PO Rosalia Indah.

Hari itu jalanan lumayan padat. Selain itu sepanjang jalan raya di Kabupaten Kebumen terdapat beberapa rumah makan tempat pemberhentian bus-bus AKAP. Rumah makan yang pertama kali dilalui adalah RM Candisari di Kecamatan Karanganyar. Di tempat ini, bus-bus PO Lorena maupun PO Muncul serta bus-bus pariwisata biasa beristirahat.

Memasuki kota kecamatan Karanganyar terdapat satu lagi rumah makan yang cukup rame yaitu RM Lestari. Di tempat ini, bus-bus PO Rosalia Indah, PO Putra Remaja, PO Bandung Ekspress serta travel berhenti dan beristirahat. Sementara PO Maju Lancar beristirahat di RM Jakarta, yang berada di jalan raya mendekati Gombong. Sedangkan PO Handoyo beristirahat di RM Grafika, Gombong.

Bus yang saya tumpangi berhenti di beberapa agen sepanjang jalan sampe dengan Wangon, Kabupaten Banyumas. Di pertigaan Wangon bus yang saya tumpangi berbelok ke kanan untuk menuju jalur pantura. Sementara di depan bus yang saya tumpangi, melaju bus Sinar Jaya yang mengambil jalan lurus untuk menuju Jakarta melalui Majenang-Tasik-Cipularang.

Pukul 20.25 WIB, bus sampai di RM Sumber Alam selepas Ajibarang. Saya pun turun untuk ishoma. Suasana lumayan ramai. Bus-bus yang berhenti di dominasi oleh bus-bus kelas Patas non-AC. Di kelas inilah PO Sumber Alam menyasar pasarnya.

Pukul 21.00 WIB bus pun bersiap berangkat. Setelah kontrol bus pun melaju kembali di jalan raya. Saya tidak langsung tertidur. Saya masih bisa “melek” sampai dengan Bumiayu. Selepas Bumiayu saya sudah tertidur.

Saya tersadar ketika bus terjebak “sedikit” kemacetan di Losarang. Kemacetan terjadi akibat adanya perbaikan jembatan sebelum Polsek Losarang. Bus yang saya tumpangi tetap berada di lajur kiri, sementara di lajur kanan bus-bus tujuan Jakarta lainnya terlihat nge-blong.

Saya kembali tertidur. Mendekati Cikampek saya tersadar. Di pertigaan Jomin bus mengambil arah ke jalur pantura. Bus terus melaju melalui jalur pantura melalui Karawang-Cikarang-Cibitung. Di sepanjang jalur ini, beberapa penumpang turun. Bus memasuki tol Cikampek-Jakarta melalui pintu tol Cibitung.
 
Mendekati pintu tol Bekasi Barat, bus mulai mengambil lajur kiri. Saya pun memutuskan untuk turun di Bekasi Barat, berubah dari rencana semula untuk turun di Pulogadung untuk langsung ke tempat kerja.  Bus pun akhirnya keluar tol melalui pintu tol Bekasi Barat. Saya pun turun di Bekasi Barat, sementara bus terus melaju memasuki Jl. Raya Bekasi untuk menuju pool di Pondok Ungu.

Ketika saya turun jarum jam menunjukkan pukul 04.47 WIB di hari Senin, 4 Agustus 2008.  Alhamdulillah selamat sampai tujuan. Saya pun segera naik ojek ke rumah untuk bersiap sebelum berangkat ke tempat kerja.
 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana