REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

• REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Sunday, 08 May 2011 08:11

Perjalanan Yogya – Jakarta Dengan Ramayana

Liputan oleh : Bagus Satrio Utomo untuk jakbus.com

RamayanaMinggu sore kemarin tanggal 27 Juli 2008 saya melakukan perjalanan dengan  bus dari Jogja ke Cibubur, setelah lama tidak naik bus dari Jogja akhirnya datang juga kesempatan itu….. lagi – lagi ini karena ada tugas dari kantor ke Semarang dan jogja. Berangkat Jumat sore saya dengan rombongan kantor menuju Semarang terus ke Jogja dengan kendaraan kantor,  namun pulangnya saya memutuskan untuk naik bus malam ke Cibubur. Sebetulnya pilihan bus ke Jakarta dari Jogya banyak, namun saya mencari yang lewat Jl. Raya Bogor karena bisa turun di lampu merah Cibubur. Biasanya bus favorit saya adalah Mulyo Indah,

tapi saya pingin mencoba yang lain terutama yang belum pernah saya naiki dan yang lewat jalur Temanggung, salah satunya Santoso dan OBL….. tapi penuh semua untuk hari itu (karena minggu).

Akhirnya pas jam 13.30 saya dapat tiket bus Ramayana  yang VIP jurusan Jogya – Cileungsi via Cikarang seharga Rp. 110.000,- dan dapat nomor 19… (pinginnya sih di depan). Pukul 15.00 saya sudah ada di Terminal Bis Jombor…. Sangat ramai dengan penumpang yang akan ke Jakarta maupun kota lain, banyak juga bus yang sudah siap di berangkatkan antara lain Safari Dharma Raya dengan New Travegonya, Santoso, Ramayana, Rosalia Indah, Nusantara, Kramat Djati, Putra Remaja dll.

Tepat jaam 15.30 bus Ramayana yang akan saya tumpangi tiba dengan seri D dan hanya 2 penumpang saja yang naik dari Jombor, bus ini sangat menarik karena memang karoserinya baru yaitu dari Morodadi Prima tapi dengan Mesin Mercedez Bens yang lama (lupa dengan tipenya)….. bus terus berjalan dengan tidak begitu cepat menelusuri Jl. Raya Magelang dan singgah di agen – agen Ramayana yang ada di Sleman dan Tempel. Memasuki kota Muntilan yang juga merupakan kantor pusatnya  PO. Ramayana, bus yang saya naiki juga mampir ke pool untuk cek dan lapor ke kantor dulu. Tepat 16.30 bis agak alam berhenti di terminal Muntilan karena memang penumpangnya sangat banyak dari kota Muntilan ini. Bus terus melaju menuju Magelang dan jalanan agak tersendat karena memang jalan antara Muntuilan ke Magelang masih 2 jalur dan sangat sempit…. Pukul 17.15 masuk terminal Magelang dan naik 2 penumpang hingga sampai terminal Secang mengangkut lagi 1 penumpang dan penuhlah semua bangku yang ada di bus ini dengan kapasitas 44 tempat duduk.

Yang bikin saya surprise adalah ternyata bus ini belok ke arah Temanggung tidak terus lewat Semarang, karena biasanya jalur Ramayana tidak lewat Temanggung, ketika saya tanya dengan kru bus ini kenapa lewat Temanggung dan dijawab bahwa karena sampai Secang sudah penuh terisi penumpang jadi untuk lebih cepat dan gak macet kalau lewat Semarang. Nah… akhirnya tercapailah keinginan saya yang memang pingin banget naik bus ke Cibubur dari jogya yang lewat jalur Temanggung – Ngadirejo – Sukorejo – Weleri ini.

Ramayana-Gerbang ElokPukul 20.00 bus masuk ke Rumah Makan Gerbang Elok untuk istirahat dan memang bus Ramayana yang saya tumpangi menjadi bus pertama yang istirahat di rumah makan ini….. baru beberapa menit kemudian masuk satu persatu bus Ramayana yang lain untuk beristirahat. 30 menit kemudian bus berangkat untuk melanjutkan perjalanan dengan sopir ke 2 terus memasuki alas roban dan saya akhirnya tertidur lelap……
Jam 23.00 saya terbangun dari tidur dan bus sudah memasuki kota Tegal dan jalannya bus ini agak tersendat, ternyata di Tegal banyak jalan yang sedang di perbaiki hingga semua kendaraan harus mengantri satu persatu….  Dari arah Jakarta mulai masuk secara berurutan bus – bus malam menuju timur……

Memasuki pantura di Indramayu ada sedikit kemacetan karena beberapa jembatan sedang di perbaiki (buat lebaran nanti kali ya..) hampir 1 jam saya terjebak di jalur pantura ini hingga akhirnya masuk ke rumah makan Markoni untuk cek control dari petugas Ramayana dan sopir yang tadi dari Jogya hingga Gerbag Elok kembali membawa bus ini menuju Jakarta.

Pukul 4.30 bus memasuki jalan tol Cikampek yang memang pagi itu sangat padat dengan kendaraan menuju Jakarta, hingga keluar tol Cikarang untuk menurunkan penumpang yang hampir setengah dari penumpang bus Ramayana ini turun di Cikarang. bus kembali masuk tol Cikampek dengan padatnya mobil yang akan berangkat kerja pagi itu karena memang sekarang hari senin, bus masuk tol JORR terus hingga keluar pintu tol Pasar Rebo memasuki Jl. Raya Bogor dan tepat 6.30 saya turun di lampu merah Cibubur dan terus naik ojek menuju rumah.