REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

Jam 5 Sore di Terminal Bus Pulogadung

Liputan oleh : Bayuaji Sudibyo untuk Jakbus.com

Terminal PulogadungNama terminal Pulogadung mungkin sudah cukup dikenal. Bagi tiap orang bayangan Pulogadung bisa macam-macam. Dari gambaran semrawut, tidak aman, bus AKAP, sampe calo-calo yang bergentayangan.

Bagi yang biasa memanfaatkan terminal ini, mungkin Pulogadung dianggap sebagai hal biasa saja.
Ada dinamika tersendiri bila kita di terminal tersebut.

Bagi penggemar Sinar Jaya, Pulogadung merupakan tempat yang lumayan bersahabat. Bila dikerubuti calo, Anda bilang mau naik Sinar Jaya pasti para calo yang mengerubuti langsung berhamburan. Di terminal ini, Sinar Jaya merupakan PO yang paling dominan. Dari jalur pemberangkatan sampe tempat parkir, selalu saja terselip Sinar Jaya. kalau Anda mau naik Sinar Jaya di sore hari ( sekitar jam 5 ) rute yang tersedia Tegal-Pekalongan, Tegal-Purwokerto, Purwokerto-Wonosobo, Puwokerto-Cilacap, Purwokerto-Bobotsari, Purwokerto-Cilacap ato Wangon-Cilacap lewat Cipularang.
kalo pengen pergi ke cirebon, bus yang tersedia cukup banyak, antara lain Luragung Jaya, Putra Luragung, Setia Negara. Bus-bus rute Cirebon juga bisa ditemui di sepanjang jalan antara Pulogadung-pintu tol Cakung.

Kalo mau pergi ke Jogja tersedia beberapa pilihan. Kalo pengen lewat Temanggung, kita bisa naik Safari Dharma Raya. Cuma kalau sudah jam 5 yang tersedia tinggal bus non-AC. Pilihan lain adalah Sumber Alam, bus ini lewat Songgom-Wangon-Purworejo. Pilihan kelasnya Patas non-AC ato AC Toilet. Cuma dari Pulogadung, Sumber Alam akan mampir dulu di poolnya di Pondok Ungu.
Selain kedua PO tersebut masih ada pilihan satu lagi yaitu Handoyo. Kalo Handoyo, kelas yang ditawarkan bisnis AC seat 3-2.

Kalau mau pergi ke Semarang-Kudus-Pati-Jepara pilihan cukup banyak. Mulai dari Nusantara, Pahala Kencana, Muji Jaya, Tri Sumber Urip, atau Sido Rukun, atau kalo beruntung masih ada Lorena.
Untuk rute ini, bus yang digunakan adalah bus AC Toilet seat 2-2 ( eksekutif bukan ya? saya kurang paham ).

Untuk rute Surabaya, di jam 5 sore masih ada Setia Bhakti ( eksekutif ) atau kadang-kadang masih dijumpai PO Dalimas. Untuk kelas bisnis AC seat 2-3 masih ada Sanjaya ( lewat Pantura ) atau Mandala ( lewat Solo-Madiun ).

Untuk rute Solo, bus yang tersedia cukup banyak. Di terminal Pulogadung, bus yang ngetem biasanya Harta Sanjaya atau Gunung Mulia. Untuk rute Solo, selain di terminal, di jalan antara Pulogadung-pintu tol Cakung banyak dijumpai bus yang ngetem. Yang sering dijumpai ngetem di sepanjang jalan tersebut adalah Gunung Mulia, Teguh Jaya, Purwo Putro, serta Harta Sanjaya.

Selain itu masih ada bus rute Merak ( antara lain: PO Primajasa, Sri Maju Prima, Asli Prima, atau Arimbi ). Rute Bandung tersedia bus eksekutif antara lain: PATRIOT dan Harum Prima. Selain itu masih ada bus yang mencari penumpang dengan cara berputar terminal, antara lain Dewi Sri ( Tegal ), Dedy Jaya ( Tegal ), Menara Jaya ( Pekalongan ) atau Lorena ( Purwokerto-Bobotsari ).

Di luar terminal juga bisa ditemui beberapa pool bus. Bus-bus yang berangkat dari pool pada jam 5 sore antara lain: PO Raya ( Semarang-Solo, pool di depan PTC), PO Muncul (Solo, pool kurang lebih 700M arah timur terminal Pulogadung), PO Garuda Mas ( Semarang-Purwodadi-Blora, pool depan PTC ), dan PO Malino Putra ( Surabaya, Wonosobo, Purworejo, pool depan PTC ).

Jadi kalau Anda sampai terminal Pulogadung jam 5 sore dan belum mendapatkan tiket, tidak usah takut tidak akan berangkat karena masih banyak pilihan Perusahaan Otobus di sana.

Last Updated (Saturday, 17 April 2010 15:32)

 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana