REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

Soft Launching and Test Drive Mercedes Benz OH 1526 Euro III

1526Sabtu, 30 Januari 2010 bisa saya katakan menjadi hari yang sangat berkesan. Kenapa tidak, yang awalnya saya berkunjung ke P.O Siliwangi Antar Nusa, Solo. Jawa Tengah untuk menemui Bpk. Kurnia Lesani Adnan dalam rangka persiapan Jambore Nasional Penggemar Bus 2010.
Tanpa diduga ternyata saya berkesempatan mengiringi beliau ke acara yang diadakan Mercedes Benz Indonesia di Jogjakarta.

Siang hari kami meluncur menuju Jogja dari Solo untuk sejenak menemui rekan-rekan beliau yang ternyata orang yang cukup berperan baik dari Mercedes Benz maupun karoseri. Kami tiba di Hotel Grand Quality di Jogja untuk bertemu rekan-rekan beliau, ternyata mereka adalah Bapak. Teddy dan Bpk. Onni dari Dealer Mercedes Benz Cipta Karya Pranata Bandung dan Bpk. Bimo dari karoseri Restu Ibu, Belakangan menyusul Bpk. Iwan yang belakangan saya ketahui adalah salah satu engineer dari Mercedes Benz.

1526Kami pun bersiap menuju Phoenix Hotel dimana yang saya dengar dari pembicaraan beliau-beliau bahwa Bus Prototype OH 1526 yang menggunakan karoseri Adiputro, Malang akan singgah sejenak disana setelah Media Gathering yang telah dilaksanakan sejak pagi hari dari Kota Semarang sebelum melanjutkan acara utama “Dealer of the Year 2009” di hotel Sheraton Mustika Jogjakarta.

Setelah beberapa saat menunggu iring-iringan sedan Mercedes Benz datang yang belakangan diikuti oleh bus prototype tersebut. Bus dengan balutan karoseri Adiputro, Malang tersebut mengusung model body baru yang cukup exiting. Mulai dari warna dan listing dengan aksen chrome disisi samping dan pemasangan lampu yang saya pribadi nilai cukup manis untuk dipandang.

InteriorBeramai-ramai kami merasakan interior bus ini, dari sisi interior terlihat pemasangan beberapa fitur baru yakni penggunan lantai aksen kayu dan perpaduan warna coklat muda diseluruh sisi dalam bus. Dari segi Lighting bus ini telah mengadopsi juga fitur baru yang mana menggunakan perpaduan lampu LED (Lamp Electric Dioda) tiga warna yakni orange, biru dan hijau disisi plafond dan tambahan lain disisi sepanjang louver AC dengan lampu berwarna putih menambah kesan ceria dan elegant dari bus ini. Penggunaan HAI Premium seat dari pabrikan kursi Rimba Kencana, Malang dengan balutan kulit warna coklat menambah keserasian interior bus ini.

Light InteriorJam telah menunjukan jam 17.30 WIB, kami segera menuju hotel untuk bersiap diri menghadiri acara Mercedes Benz di hotel Sheraton Mustika Jogjakarta. Jam 19.00 kami pun menuju ke hotel dimana acara berlangsung. Undangan telah ditangan dan kami pun masuk menuju Ballroom dimana acara Mercedes Benz ini berlangsung.

Tiba di lobby ballroom telah terlihat pembesar-pembesar Perusahaan Otobus dan beberapa dari Dealer Mercedes Benz. Saya pun menuju meja jamuan makan malam, tanpa diduga saya duduk satu meja dengan Bpk. Hendro Dharmoyuwono dari Safari Dharma Raya Jakarta, Bpk. Pungky dari Tunggal Daya, Bpk. Iwan dari Mercedes Benz dan Bpk. Kurnia Lesani Adnan dari Siliwangi Antar Nusa tentunya. Disela-sela acara makan malam tiba lah Mas Rosanto Adi dari Rosalia Indah duduk bergabung dengan kami beserta Bpk. Lamhort dari Mercedes Benz.

Foto BarengAcarapun berlanjut sesuai sususan acara dan kemeriahan yang ada, setelah acara saya pun berkesempatan berbincang ringan dan mengambil foto bersama dengan beberapa pembesar Perusahaan otobus diantaranya Bpk. Vincent dari Kalisari, Bpk. Sutikno dari Putra Remaja dan Bpk. Yoyok dari Gunung Harta.

Pukul 22.00 acarapun berakhir kami segera menuju kembali ke Phoenix Hotel untuk mengikuti Test Drive Bus varian terbaru dari Mercedes Benz tersebut. Sesi pertama Bpk. Kurnia Lesani Adnan mencoba menjajal performa bus ini menuju kembali ke hotel Sheraton Mustika dengan menggunakan rute ring road utara Jogjakarta, dengan gaya khasnya Bpk. Kurnia Lesani Adnan mengendarai bus tersebut.

1526Tiba di Sheraton Hotel sekaligus menjemput beberapa wartawan yang ingin menuju kembali ke Phoenix Hotel, sekarang giliran Mas Andreas dari P.O Blue Star Jakarta menjajal bus ini menuju kembali ke Phoenix Hotel. Ternyata di hotel telah menunggu beberapa perwakilan dari beberapa P.O untuk mencoba bus terbaru dari Mercedes Benz ini.

Pukul 23.00 WIB Bus pun kembali siap meluncur kali ini di piloti kembali oleh Mas Andreas dari Blue Star dengan tujuan Kaliurang dan berisikan beberapa Penumpang yang cukup ‘greget’ diantaranya adalah Bpk. Kurnia Lesani Adnan dari Siliwangi Antar Nusa, Bpk. Pungky dari Tunggal Daya, Bpk. Onny Febriananto dari AO Transport, Bpk. Hans dari GeGe Transport, Bpk. Bimo dari karoseri Restu Ibu, Ibu Lisa dan Bpk. Rahmat dari Marissa Holiday , Bpk. Herry Iskandar dari Mercedes Benz Indonesia, Bpk. Teddy Yusuf dan Bpk. Onni dari Dealer Mercedes Benz CKP, Bandung, Bpk. Iwan mantan engineer dari Mercedes Benz Indonesia serta perwakilan dari Perusahaan Otobus lain.
@ MerapiBus meluncur menuju kaki gunung Merapi dengan menyusuri Jalan Kaliurang. Bus melibas Tanjakan yan cukup menantang mulai landai hingga terjal di daerah Pedung di Merapi, di tengah perjalanan ternyata terjadi pergantian pengemudi dari yang sebelumnya Mas Andreas dari Blue Star kembali Bpk. Kurnia Lesani Adnan dibalik kemudi, sepanjang kami menuju kawasan wisata Lahar di dekat aliran Kali Gendol dekat rumah Mbah Maridjan yang mana sebagai juru kunci gunung Merapi selalu diiringi gelak tawa dan candaan khas pembesar-pembesar perusahaan bus.

Pukul 23.30 WIB rombongan tiba ditempat dan berkumpul di warung wisata untuk berbincang mengenai performa bus ini dan saling berbagi cerita tentang teknis bus mereka masing-masing.

@ HotelPukul 01.15 WIB rombongan kembali menaiki bus dan menuju kembali ke Jogjakarta. Kali ini kembali Bpk. Kurnia Lesani Adnan menjadi pilot bus MB OH 1526 ini, sepanjang jalan terlihat Bpk. Sani menjajal sistem pengereman bus ini.
Tiba di depan Hyatt Hotel kami berpisah dengan Mas Andreas dari Blu Star karena beliau menginap di hotel tersebut.

Pukul 02.30 WIB rombongan tiba kembali di Phoenix Hotel Jogja, kami berbincang sejenak sebelum akhirnya berpamitan dengan rombongan lain.

Sedikit resume tentang Bus varian terbaru dari Mercedes Benz OH 1526 Euro III dari pandangan saya seorang penggemar bus yang masih awam dengan bantuan Bpk. Kurnia Lesani Adnan tentunya ini adalah:
  1. InteriorSuspensi yang lembut baik di depan maupun belakang.
  2. Performa mesin yang cukup mumpuni di jalan datar maupun tanjakan walaupun harus bermain di kisaran RPM mesin yang relative tinggi.
  3. Handling yang mantap.
  4. Akselerasi yang cukup responsive.
  5. Dengan balutan prototype dari karoseri cukup menambah nilai estetika dari bus tersebut.
Demikianlah sedikit cerita dari pengalaman baru saya.

Terima kasih kepada:
  1. Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Bpk. Kurnia Lesani Adnan yang telah memeberikan kesempatan saya hadir dalam acara tsb.
  3. Keluarga besar Siliwangi Antar Nusa (SAN).
(Reportase oleh Pande Bayu)
SALAM SATU JIWA...!!!!!
 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana