REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

1st Road Test LAKSANA LEGACY

Pande

Reportase oleh Pande Bayu untuk JakBuS.com

 

LegacyLEGACY adalah produk terbaru dari Karoseri LAKSANA yang berlokasi di Ungaran,Semarang. Jawa Tengah. LEGACY yang berarti "Warisan" merupakan produk premium dengan perpaduan desain ekstrior dan interior yang cukup mewah dan futuristik. JakBuS mendapat kehormatan untuk melakukan road test produk ini di pabrik Laksana sekaligus men"check" persiapan akhir sebelum road show ke perusahaan otobis di Jakarta - Bandung dan sekitarnya. Menurut rencana dari Laksana Legacy akan berangkat ke Jakarta hari Kamis tanggal 15 Oktober 2009 sore dan tiba di jakarta pada Jumat 16 Oktober 2009. JakBuS sendiri rencananya akan mengikuti launching dan road show pada hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2009 dimana acara tersebut rencananya akan berlangsung di kantor Safari Dharma Raya (OBL) dan Blue Star serta beberapa perusahaan otobus di Jakarta dan Bogor.

Hari Senin 12 Oktober 2009.
Dapat kabar dari Karoseri LAKSANA dan Teman JakBuS bahwa salah satu perwakilan dari Jakarta Bus Society (JakBuS) harus segera meluncur ke Pabrik Keroseri LAKSANA di Ungaran Jawa Tengah. Rencana awal bahwa Launching dan Road test pertama oleh penggemar Bus dijadwalkan pada Kamis tanggal 15 Oktober 2009 dengan rute Ungaran - Jakarta, Majunya jadwal Road Test tersebut kami merasa sangat surprise.
Ini terjadi karena ada permintaan khusus dari Pihak HIBA group menginginkan bahwa unit terbaru dari LAKSANA yakni LEGACY tiba pada hari Rabu tangggal 14 Oktober 2009. Tanpa Pikir panjang Saya dan Saudara Gentur segera memutuskan berangkat Senin malam menuju Ungaran, Dengan rencana awal menggunakan armada apapun untuk tiba di Ungaran Selasa pagi. Pukul 21.00 Akhirnya P.O DAMRI tujuan Jakarta - Semarang lah yang menjadi pilihan kami untuk berangkat menuju Ungaran. Perjalanan lancar selama perjalanan dengan diiringi hujan di beberapa daerah di Jawa Tengah,

Hari Selasa 13 Oktober 2009.
JakBuS with R&D LaksanaPukul 06. 00 kami pun tiba di Kawasan Krapyak, Semarang dan melanjutkan perjalanan menuju Ungaran dengan menumpang P.O Rhema Abadi yang menuju Solo, Jawa Tengah dan turun tepat di depan Pabrik Karoseri LAKSANA, Ungaran. Kami putuskan untuk istirahat sejenak untuk berbersih diri dan sarapan pagi di tempat peristirahatan disamping Pabrik Karoseri LAKSANA. Jam pun menunjukan pukul 09.00 dan dengan panggilan telepon dari pihak LAKSANA kami pun segera menuju Pabrik Karoseri tersebut.
 
Rencana awal disertakannya JakBuS dalan launching pertama LEGACY ini ialah mengikuti proses pemeriksaan akhir dan memperlihatkan proses pembuatan Body Bus di dalam pabrik terutama LEGACY ini serta pengawalan selama perjalanan dari Ungaran menuju Jakarta. Akhirnya kami pun di terima oleh Saudara Ririen salah satu anggota dari Tim Research & Development LAKSANA yang mendesain LEGACY.
 
Setelah obrolan singkat kami pun langsung diajak berkeliling melihat infrastruktur Pabrik Karoseri LAKSANA dalam mendukung proses pembuatan body bus secara efisien dan terpadu. Kami pun segera menuju tempat Finishing Area dimana LEGACY sedang dalam sentuhan akhir. Mas Ririen ini menjelaskan secara detail produk barunya tersebut. setelah melihat detail pengerjaan LEGACY kami pun diajak melanjutkan melihat-lihat proses pembuatan body bus di pabrik tersebut.
 
PersiapanDengan telah diraihnya Sertifikat ISO 9001 Tahun 2008 Karoseri LAKSANA menjadi salah satu Karoseri Terbaik di Indonesia.Sambil menunggu rampungnya pemasangan set kursi kami pun diajak kembali melihat seluruh alur proses pembuatan body bus di pabrik tersebut. Mulai dari pemeriksaan sasis saat tiba, pemasangan Bracket-bracket pemegang body, proses JIG atau pembuatan rangka awal body bus, pemasangan plat body, pendempulan dan pengecatan, instalasi kelistrikan dan pengatur suhu udara, pemasangan ducting interior serta Kursi, Proses pembuatan kursi, test kebocoran, proses anti karat dan terakhir proses pemeriksaaan akhir sebelum bus keluar dari Pabrik.
 
Usai berkeliling kami pun beristirahat sejenak dan menikmati jajanan di kantin karyawan, tidak lama disana kamipun dijak kembali keliling menuju R&D (Research & Development) workshop Area dimana disana tempat merealisasikan desain -desain baru hasil kreasi dari Tim R&D, mulai dari body baru sampai sistem suspensi udara yang akan diadopsikan pada unit bus produksi pabrik Karoseri LAKSANA.
 
Tanpa terduga kami pun dipanggil untuk uji coba jalan (Road Test) mendampingi P.O Harapan Jaya, Tulung Agung bersama Tim LAKSANA dan P.O Harapan Jaya. Road test tidak terlalu jauh hanya menuju kawasan Bawen dan kembali lagi menuju Pabrik. dalam Road test tersebut Pemilik P.O Harapan Jaya memberikan kesan-kesannya terhadap produk baru LEGACY ini.

Kembali menuju kawasan Pabrik, LEGACY ini mengalami beberapa penyesuaian lagi dari sistem suspensinya, sambil menunggu pengerjaan selesai kami pun diajak menikmati santap siang dengan Menu Khas Ungaran yakni Sate Pak Kempleng. Tanpa terduga saat sedang menunggu makan tiba, Sang Pemilik P.O Harapan Jaya pun tiba dan akhirnya kami pun makan bersama disana.

Kembali menuju pabrik dan menunggu proses penyesuaian dari beberapa ornamen saya dan Saudara Gentur mencoba membantu dalam pemasangan Stiker sebagai pemanis dari LEGACY ini. Pukul 16.00 seluruh persiapan pun telah selesai dan kami pun segera bersiap bergegas menuju Jakarta untuk acara Launching dan Road Show LEGACY. Setelah menyempatkan diri mengambil foto kenang-kenangan bersama tim R&D di pabrik karoseri LAKSANA rombongan pun beranjak meninggalkan Pabrik menuju Jakarta.
 
Suasana InteriorBus yang dipiloti oleh Saudara Jatmiko yang merupakan driver dari karoseri LAKSANA yang mengantar LEGACY menuju Jakarta, di Ungaran kami sempatkan untuk mengisi bahan bakar.Perjalanan pun berlanjut dan di Pemalang kami sempatkan diri untuk beristirahat dan makan malam, tidak lama beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan terasa nyaman karena tdak ada bunyi getar dari body serta ditambah kelenturan dari sistem suspensi udara yang telah diadopsi oleh LEGACY ini.
 
Sepanjang perjalanan sekian pasang mata telah terpikat melihat tampilan futiristik dari LEGACY ini tidak hanya masyarakat umum juga para kru bus ynag melintas sepanjang perjalanan.Tiba di Losari kami mengisi bahan bakar kembali dan segera melanjutkan perjalanan. Memasuki kawasan Gebang, Cirebon kami disuguhkan kepadatan lalu lintas akibat perpindahan jalur, tidak lama-lama dalam kepadatan akhirnya memasuki Jalan Bebas Hambatan Kanci menuju Palimanan.

Hari Rabu 14 Oktober 2009.
@PanturaJam menunjukan pukul 02.00 memasuki kawasan Jatisari, Karawang dan terjebak dalam kemacetan akibat perbaikan jalan. Pada saat macet inilah menjadi saat ynag tepat untuk Show up LEGACY bagi para pengguna jalan dan penduduk sekitar, dan tidak percuma beberapa orang terpana melihat tampilan LEGACY. Memasuki Jalan Bebas Hambatan Cikampek menuju Jakarta belum banyak kendaraan dan Bus reguler dari arah Timur jawa yang melintas masuk. pukul 03.30 kami memutuskan istirahat sejenak di Rest area TOL Cikampek-Jakarta ini. Pukul 04.30 perjalananpun dilanjutkan menuju Jakarta pukul 05.30 telah memasuki gerbang TOL Jati Bening dan segera keluar di daerah Pondok Gede. LEGACY mengawali Road Show pertamanya di sebuah Perusahaan Bus di Kawasan Klender, Jakarta Timur.

Tiba di Garasi P.O tersebut dan dengan diterimanya LEGACY oleh pihak HIBA Group maka berakhirlah tugas kami dari Jakarta Bus Society (JakBuS) mengawal perjalanan Road Test LEGACY dari Ungaran menuju Jakarta.
 
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada

 

  1. Tuhan Yang Maha Esa atas lindungannya selama perjalanan ini.
  2. Pihak LAKSANA dan R&D team LAKSANA atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Jakarta Bus Society (JakBuS).
  3. Bpk. Jatmiko atas perjalanan ynag menyenangkan sepanjang Pantura.
  4. Sdr. Gentur sebagai teman sepanjang Road Test.
  5. Keluarga Besar Jakarta Bus Society.

 Foto lain dapat dilihat di :

  1.   http://suhargogentur.multiply.com/photos/album/26/Legacy
  2.  http://pandejunkers.multiply.com/photos/album142/LAKSANA_LEGACY_the_1st_Road_Test

 

 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana