REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

Sentuhan Baru Safari Dharma Raya (OBL), Morodadi Prima dan Hino

 Pande

Reportase oleh Pande untuk JakBuS.com

OBL Masih belum lepas ingatan tentang bus Adiputro Setra Series (Sprinter) Mercedes Benz 1518 XBC Full Automatic transmissions Executive Class milik Safari Dharma Raya Jakarta, telah dapat lagi info terbaru dari Safari Dharma Raya Jakarta tentang armada baru yang telah selesai penggarapan body di Perusahaan Karoseri Morodadi Prima, Malang.

Melihat dari sisi eksterior sekilas bus ini sama dengan bus New Travego series yang di buat oleh Morodadi Prima yang lain dan telah dimiliki oleh Perusahaan Otobus lainnya, tetapi  masih saja ada beberapa hal yang mencuri perhatian bagi yang melihatnya, tampak jelas perbedaan mencolok dari Head Lamp yang bisa dibilang ini pesanan khusus (Custom Made) serta penampang badan (Body) samping dan depan yang terkesan tinggi yang merupakan hasil desain langsung dari pemilik Safari Dharma Raya Jakarta.

 

TV
Desain body bus berbeda dengan pendahulunya seperti B 7168 BK, B 7168 XT dan B 7788 BW yang menggunakan Balutan Body dari perusahaan Karoseri lain yang menggunakan konstruksi Kaca Lebar. Bus New Taravego dari Morodadi Prima ini masih mengusung desain Semi Hi-Decker tetapi hanya dengan menaikan konstruksi lantai saja tanpa menggunakan Kaca Lebar di sisi samping kanan dan kirinya. Juga tidak ketinggalan pijakan kaki yang mengadopsi sistem pneumatic untuk membuka dan menutupnya.

Interior Masuk ke sisi Interior tidak jauh berbeda dengan Bus buatan Karoseri Morodari Prima pada umumya, dengan balutan kayu sintetis pada panel kemudi dan lantai serta sentuhan ornamen kayu pada plafond dan bagasi atas. Yang menarik pada Bagasi adalah ditambahkannya penutup Bagasi untuk kenyamanan dan keindahan bus ini menambah kesan Elegant pada interior bus ini. Menggunakan set kursi Hai dari Rimba Kencana Malang dengan profil seat tipis pada sandaran menambah kesan Elegant dan Simple. Konfigurasi kursi 2-2 (Executive) dengan 7 baris disisi pintu dan total 9 baris belakang driver dengan posisi toilet disebelah kiri. ada Hal mencuri perhatian dalam kabin bus ini, yakni desain Plafond tang sangat Elegant dengan Televisi layar datar yang dipasang menggunakan sisitem pneumatic juga jadi tinggal tekan tombol televisi langsung terlihat.

Toilet Merambah ke sisi teknis, Bus ini menggunakan mesin dan sasis Hino RK 260 dengan mesin konfigurasi mesin 6 silinder segaris. Untuk transmisi bus ini masinh menggunakan sistem asli pabrikan. Yang Membuat unik bus ini dari sisi teknis adalah pengadosian sistem Suspensi hasil riset dari team Safari Dharma Raya Jakarta.

Saat pengambilan liputan tentang Bus ini masih dalam penggarapan sentuhan akhir mengenai sistem pengatur suhu udara. nilah unit terbaru dari jajaran armada Safari Dharma Raya Jakarta.


Salut untuk Safari Dharma Raya (OBL)

Salam OMa!

Salam Satu Jiwa!
 
 
 
 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana