REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

  • REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

    Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

    Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

    Sunday, 08 May 2011 08:11

Sumber Alam Limo

Tony Supriyanto
 
 
 
 
 
Laporan Execlusive Tony Supriyanto untuk JakBuS.com
 
 Sumber Alam Limo
Dalam perkembangannya dunia per-bis-an saat ini tidak hanya melulu soal angkutan massal. Saat ini sudah banyak perusahaan bis yang mengembangkan armadanya lebih dari sekedar sebuah alat angkut. Jika kita lihat saat ini sudah ada beberapa  bis yang dibuat sedemikan rupa, sehingga menyerupai sebuah rumah. Dan hal ini tentu saja memanjakan penggunanya ketika berada di dalam sebuah bis tersebut.
 
 
 
 
 
Baru-baru ini salah satu Perusahaan Otobus di Purworejo Jawa Tengah yang bernama PO. SA LimoSumber Alam telah “melahirkan” satu unit bis yang unik. Bis ini diberi nama SA LIMO, ya memang interior dalamya mirip sekali dengan kendaraan sedan limo yang biasa kita kenal. Bis ini berbeda dengan bis-bis  lainnya, perbedaan yang sangat kentara terlihat pada roda belakang bis ini. Bis ini menggunakan roda double untuk roda belakang seperti bis-bis di Eropa ataupun Negara luar, jadi keseluruhan jumlah roda bis ini adalah 10 buah. Pembuatan roda double ini mengambil beberapa komponen dari truck “ untuk dudukan roda belakang kita menggunakan sparepart dari truck sedangkan per daun tetap menggunakan bawaanya bis mercy” ujar Mas Anthony selaku owner PoSumber Alam.

SA Limo ini dilengkapi beberapa fasilitas yang sangat lengkap yang dapat memanjakan Anda sebagai penumpangnya. Ketika beranjak naik dari depan Anda bisa lihat ada 4 seat yang nyaman dengan warna biru dan orange nya.Di bagian tengah terdapat 6 seat yang super nyaman dengan Sofa yang sangat nyamansofa yang dilengkapi dengan meja
konfigurasi 2-1 seperti pada bis Super Executive, masih dibagian tengah, bis ini terdapat sofa plus dengan meja nya cocok buat anda yang ingin menyelesaikan target pekerjaan ketika dalam perjalanan atau hanya sekedar bersantai dengan keluarga membicarakan apa saja yang anda lakukan saat liburan,atau menonton film kesukaan dengan 2 unit LCD TV. Bis ini juga dilengkapi dengan toilet yang nyaman dan bersih dan juga wastafel serta  bar mini.

Jika Anda merasa lelah di dalam perjalanan,langkahkan kaki anda ke bagian belakang bis ini. konfigurasi kursi 2-1Disini terdapat sofa dengan bentuk memutar dan meja di tengahnya. Di ruang ini juga dilengkapi dengan layar LCD untuk menemani anda dalam perjalanan. Meja kecil di tengah sofa ini bisa di tutup dengan sofa yang ada, hasilnya sebuah spring bed ada di bis ini.dan anda pun bisa terlelap dengan nyaman. Sistem pendingin di bis ini menggunakan Thermo King yang cukup menyejukkan dan juga system audio video yang mutakhir layaknya home teater.

Bis ini juga dilengkapi  sebuah camera di bagian atas belakang bis. Yang fungsinya untuk memandu pengemudi untuk mengetahui keadaan di belakang ketika parkir, pengemudi bisa melihat melalui layar kecil di dashboard. Tak hanya itu hal-hal lain untuk memudahkan pengemudi adalah dengan adanya Spion Electric yang pengoperasiaanya dapat diaatur melalui knop kecil di dashboard sebelah kanan. Selain double gardannya yang membuat bis ini berbeda dengan bis lainnya,bis ini tidak mempunyai pintu belakang layaknya bis-bis lain.Namun digantikan dengan sebuah Lift seperti pada pesawat terbang, “Lift ini satu-satunya yang ada di bis “ begitu menurut Mas Anthony. Pengoperasiannya dengan menggunakan sebuah remote control yang ada pada handle bawah pintu lift. Lift ini berguna untuk LCD TV2 buah LCD TV
 membawa barang yang berat dan juga sangat membantu bagi pengguna kursi roda.

Bis ini hampir 2 tahun berada di karoseri, Laksana sendiri yang dipercaya untuk menggarap project ini mengaku sangat tertantang sekaligus mendapat sebuah inovasi baru untuk dunia karoseri maklum selama ini belum ada bis yang menggunakan double gardan.

toilet yang bersih pintu lift
Bis ini mengusung mesin Mercedes Benz 1521, yang ternyata tidak perlu rubahan atau penambahan daya mesin untuk membawa body bis sepanjang 13.20 meter ini untuk melesat di jalan. Mengemudikaan bis ini juga sama dengan bis-bis lainnya hanya saja perlu tambahan “feling” jika ingin berbelok ..ya ..karena panjangnya tadi. Untuk lampu depan dan belakang semuanya menggunakan lampu design baru dari Laksana, khusus lampu depan sinar yang di biaskan sama dengan lampu Xenon. Keseluruhan exterior bis ini adalah baru artinya tidak mengambil design yang sudah ada begitu juga dengan liveri nya, jika dilihat dengan teliti hanya ada tarikan garis biru dan juga tulisan SA yang disamarkan dengan garis-garis biru.

Anda penasaran..? tunggu tanggal mainnya....
 
 
 
Online Status
Polls
Apa yang menarik dari LEGACY produk terbaru dari karoseri Laksana