REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

• REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Sunday, 08 May 2011 08:11

Kebumen - Jakarta with PO. Rosalia Indah

Bayu Aji Sudibyo

Reportase oleh Bayuaji Sudibyo untuk JakBuS.com

PO. Rosalia IndahMinggu, 12 April 2009  pukul 17.25 WIB sampelah saya di Terminal Bus Kebumen. Segera saja saya menuju loket PO Rosalia Indah (RosIn) di Loket no. 64. Segera saja saya menukar tanda pesan dengan tiket RosIn kelas Executive. Ticket saya pesan selepas pemilu tanggal 9 April 2009 di sore hari. Harga tiket untuk Kebumen - Jakarta kelas exe adalah Rp 136.000,00 plus servis makan di RM Lestari dan makanan ringan di RM RosIn di Sukra.

Sore itu, Terminal Bus Kebumen lumayan rame. Di jalar keberangkatan nampak berjajar bus-bus PO Sinar Jaya, sebuah bus PO Lorena, sebuah bus PO Tasima, dan sebuah bus PO Karya Sari yang siap berangkat. Tak berapa lama kemudian 2 buah bus PO Malino Putra pun memasuki terminal.

Mendekati pukul 17.45 WIB, bus-bus PO Sumber Alam mulai memasuki terminal. Pukul  17.55 WIB, sebuah bus RosIn kelas Patas non AC pun masuk Terminal. Tak lama kemudian,t epat pukul 18.01 WIB sebuah RosIn kelas Exe masuk terminal..

Bus inilah yang saya tumpangi. Bus dengan no. bodi 221 dengan no. pol AD1706CA. Saya pun segera naik dan duduk di seat no 4A. Seat yang lumayan lapang, dengan 7 baris di sisi kiri dari pintu depan sampe pintu belakang. Posisi toilet di sisi kiri.

Bus saya tumpangi bermesin MB dengan karoseri RS model Celcius. Bus ini melayani rute Klaten-Jogja-Kebumen-Bekasi-Rawamangun-Lebak Bulus-Ciputat. Dan saya adalah penumpang terakhir yang naik.

Bus kemudian melaju di tengah keramaian lalu lintas. Sekitar pukul 18. 35 WIB sampelah bus di RM Lestari Karanganyar. Seluruh penumpang pun turun untuk menikmati servis makan. Kru bus pun kemudian mengunci pintu bus.

Saya pun segera menikmati servis makan. Malam itu, menu yang saya ambil adalah sepotong ayam dan nasi serta sayur plus teh manis panas. Segera saja saya serbu….dan emang maknyussssss….setelah selesai saya pun bergegas menuju mushola untuk menegakkan shalat.

Selepas shalat, saya pun mengamati bus-bus yang parkir di RM Lestari. Ada sekitar 6 unit RosIn, sebuah bus PO Pratama, dan 3 unit bus PO Putra Remaja(PR). 2 unit PR dengan livery Symphonie serta sebuah PR penguin model Jupiter Li dari karoseri Tentrem.

Pukul 19.05 WIB kru bus pun  telah kembali bersiap. Pengemudi bus pun berganti. Setelah siap, petugas kontrol pun mengecek satu persatu penumpang. Bersamaan dengan kontrol penumpang, sebuah bus RosIn Cilacap/Purwokerto-Surabaya pun memasuki RM Lestari.

Pukul 19.15 WIB bus pun melaju kembali. Malam itu jalanan cukup padat. Memasuki Gombong, sebuah bus PO Tasima berhasil dicontreng. Selepas Gombong sampe Wangon ada 7 unit PO Sumber Alam berhasil dicontreng. Selepas Wangon sebuah RosIn Patas non AC dengan mesin Hino karoseri New Armada rute Semin-Wonosari-Jakarta berhasil mencontreng bus yang saya tumpangi.

Memasuki Ajibarang sebuah Proteus milik Sumber Alam berhasil dicontreng. Selepas Ajibarang saya pun langsung tertidur..zzzzzzzzzzzzzzz……..

Saya tersadar ketika bus memasuki Prupuk dan kembali………….zzzzzzzzzz…..sadar lagi di Ketanggungan. Antara Ketanggungan-Kersana-Losari, saya pun tersadar. Di jalanan sempit ini, RosIn yang saya tumpangi masih bisa mencontreng sebuah bus Dewi Sri dan sebuah bus Handoyo. Memasuki Losari, saya kembali tertidur………….

Saya tersadar ketika bus masuk RM RosIn di Sukra, Indramayu. Saya pun turun untuk cuci muka dan kemudian menikmati servis makanan ringan berupa sosis solo dan lemper plus secangkir teh manis panas. Cukup menyegarkan dan bikin badan sumringah.

Hanya sekitar 15 menit bus istirahat. Di RM RosIn kembali terjadi pertukaran pengemudi. Bus pun kembali dikontrol dan kemudian melaju kembali di jalur pantura. Saya pun tidur kembali......zzzzzzzzzzzzzz.....

Saya tersadar ketika bus berbalik arah dan kemudian masuk jalur altenatif. Entah di mana?.....zzzzzzzzzzzzz.....Saya benar-benar tersadar setelah bus sampe di Sadang dan segera saja masuk gerbang tol Sadang. Bus pun kembali melaju. Lagi-lagi kantuk nggak tertahan.

Sesampai di sekitar Cibitung saya tersadar. Saya pun paksakan diri untuk melek....Tak berapa lama kemudian bus berjalan mengambil lajur paling kiri untuk keluar tol di Bekasi Timur. Saya pun bersiap untuk turun. Pukul 04.47 WIB di hari Senin,  13 April 2009 sampelah bus di agen Bekasi di Bulak Kapal.. Saya pun segera turun dan melanjutkan perjalanan ke rumah dengan ojek.

Alhamdulillah saya selamat sampe tujuan. Terima kasih untuk kru RosIn no. bodi 221 no. pol AD1706CA atas servis dan kenyamanannya. Bagi para penggemar bus yang mo mencoba RosIn dari Kebumen, bisa menghubungi agen di Kios Terminal No. 64 telp (0287) 3871655.