REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

REUNI BUS KLASIK Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang "Dalam cat...

Manunggal Ing Jiwo

Manunggal Ing Jiwo Seorang pelaku dunia usaha transportasi bus pernah ...

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1) Tak lebih dari satu jam menunggu,...

• REUNI BUS KLASIK : Berkumpul, Mengenang dan Bersenang-senang

Monday, 04 April 2011 16:54
  • Manunggal Ing Jiwo

Friday, 15 April 2011 01:16
  • Satu Trip Dua SR-1 Terlampaui (Bagian 1)

Sunday, 08 May 2011 08:11

Jakarta - Kebumen With Sinar Jaya New Travego Air Suspension

Bayu Aji Sudibyo
Reportase oleh Bayuaji Sudibyo untuk JakBuS.com

Sinar Jaya New Travego Air SuspensionKetika beberapa bulan lalu baca di website Jakbus.com tentang New Travego kepunyaan PO. Sinar Jaya bikin saya pengen mencobanya(terima kasih atas tulisan Bung Arya Saputra). Akhirnya kesempatan itu datang juga. Ketika hari Sabtu, 21 Februari 2009 saya dapat jatah piket dari kantor, maka selepas piket saya putuskan pulang ke Kebumen mo numpang New Travego PO. Sinar Jaya.

Pukul 12.00 WIB jam piket kantor pun berakhir. Saya putuskan berangkat ke Rawamangun sekitar pukul 15.00 WIB. Mendekati pukul 15.00 WIB saya naik ojek menuju Rawamangun. Kebetulan dari Kawasan Industri Pulogadung, hanya butuh 10 menitan untuk mencapai Rawamangun.

Pukul 15.08 WIB sampailah saya di Rawamangun. Sore itu terlihat beberapa unit PO. Pahala Kencana berbagai jurusan, sebuah bus PO. Jatra, ALS, Lorena, serta 2 unit PO. Kramat Djati. Saya sendiri berjalan-jalan sambil melihat situasi(maklum baru pertama pulang lewat Rawamangun).Ketika ada calo PO. Sinar Jaya, saya pun segera  menghampirinya. Setelah sedikit ngobrol-ngobrol saya pun segera menuju loket PO. Sinar Jaya. Saya pun membeli tiket Jakarta-Kebumen seharga Rp 85.000,00. Harga tiket ini berlaku untuk rute sampai Purworejo, sementara untuk tujuan Yogyakarta harga tiketnya Rp 100.000,00. Harga yang sangat kompetitif.

Pukul 16.04 WIB bus PO. Sinar Jaya New Travego dari karoseri Adi Putro no  polisi B 7366 IW dengan no. bodi 5DX mesin Hino pun memasuki Terminal Rawamangun. Saya pun bergegas naik. Setelah menaruh tas saya pun berjalan-jalan di dalam bus untuk melihat interior di dalamnya (Cocok dengan tulisan Bung Arya Saputra di website Jakbus.com postingan Desember 2008). Setelah cukup puas saya pun turun kembali. Saya pun segera menghampiri kernet bus, dan kami pun ngobrol ngalor ngidul tentang Sinar Jaya. Pak kernet pun bercerita tentang banyak hal. Soal waktu tempuh Jakarta-Jogja, pak kernet bercerita kalo waktu tempuhnya lebih cepat lewat Cipularang ketimbang lewat pantura. Juga soal tarif yang sangat kompetitif dibandingkan kompetitor lain di jalur Jakarta-Purworejo-Jogja. Tidak lupa soal air suspension yang bikin bus Sinar Jaya terasa nyaman, serta seputaran gosip Sinar Jaya.

Pukul 16.50 WIB saya pun segera naik ke atas bus. Tepat pukul 17.00 WIB bus pun meninggalkan Rawamangun. Sore itu bus membawa 12 orang penumpang dengan 2 sopir dan 1 kernet. Saya dapat tempat duduk no. 4, lumayan bisa di depan dengan pandangan luas. Bus sendiri bergerak melalui LP Cipinang dan menyusuri jalan untuk menuju gerbang tol (GT) Pedati. Sore itu jalanan lumayan lancar, hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk sampe GT Pedati. Bus pun melaju pada kecepatan 80-90km/jam menyusuri jalan tol. Sekitar pukul 17.48 WIB bus memasuki SPBU Km 19. Setelah selesai mengisi solar bus kembali melaju untuk menuju pool Cibitung.

Pukul 18.10 WIB bus memasuki pool Cibitung. Cukup lama bus berhenti di pool. Sekitar pukul 19.45 WIB bus pun meninggalkan pool Cibitung. Dari pool ini bus hanya menambah penumpang sebanyak 2 orang, sehingga malam itu bus melaju menuju Yogyakarta dengan membawa 14 orang penumpang. Bus kembali melaju melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Saya mencoba untuk melek tapi rasa kantuk tak tertahankan. Selepas Cikarang, saya pun blek tidur.............zzzzzzzzzzz.......Saya tersadar ketika bus sudah memasuki  jalan tol Cipularang (entah di km berapa)...................tapi sekali lagi kantuk tak tertahankan............. zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.....

Saya baru benar-benar tersadar ketika bus sudah sampai di Limbangan. Jarum jam saat itu menunjukkan pukul 22.30 WIB. Di medan berkelok-kelok bus melaju dengan stabil, selain itu guncangan hampir tidak terasa. Saya pun menikmati kenyamanan bus ini dari Limbangan sampai Malangbong. Bener-bener ngejoss..................

Selepas Malangbong, kantuk kembali datang.. Saya pun tertidur lagi. Saya tersadar ketika bus memasuki RM Panorama Elok di Ciamis. Jarum jam saat itu menunjukkan pukul 00.30 WIB. Saya pun turut untuk makan malam(....hehehehe....mungkin tepatnya makan sahur.......) Setelah 30 menit istirahat, bus pun kembali melaju. Selepas Kota Banjar saya kembali tertidur....zzzzzzzzzzzzzzz.......... Saya tersadar ketika bus melaju pelan, dan berjalan zigzag.....Berarti bus sudah memasuki Jawa Tengah....Maklum saja selepas Majenang, terutama memasuki Lumbir jalanan lumayan rusak dan berlubang. Kontras dengan kondisi jalanan di Jawa Barat yang lumayan mulus. Untung saja bus dilengkapi air suspension, sehingga di kondisi jalan berlubang bus tetap terasa nyaman bagi penumpang. Perut pun tidak terasa dikocok-kocok. Sekali lagi bus benar-benar ngejoszz abies.....

Memasuki Wangon bus pun menepi, sebab ada sebuah bus Sinar Jaya tujuan Jogja yang berhenti mengganti ban. Saat itu total ada 5 bus Sinar Jaya tujuan Jogja yang  berhenti. Sebuah bentuk solidaritas sesama awak bus. Hanya sekitar 10 menit bus berhenti, sebab urusan mengganti ban sudah selesai. Bus pun kembali melaju. Selepas Wangon saya pun tertidur…….zzzzzzzzzzzzzz….. Saya tersadar ketika bus sampe Gombong. Saya pun segera bersiap karena sebentar lagi turun. Sekitar pukul 04.30 WIB bus pun sampe Simpang Lima, Kebumen. Saya pun  turun untuk melanjutkan perjalanan ke rumah dengan ojek. Alhamdulillah selamat sampe tujuan.

Terima kasih kepada kru PO. Sinar Jaya New Travego yang bertugas hari itu. Maaf lupa kenalan ....hehehehe...karena busnya ngejozss abies bikin tidur pules. Tidak lupa saya usul kepada manajemen PO. Sinar Jaya untuk memberangkatkan bus dari Rawamangun pukul 17.30 WIB (terutama pas hari Jum’at), supaya saya atau rekan-rekan yang pulang kerja jam 17.00 WIB masih bisa naik bus ini. Untuk rekan2 yang mo mencoba bus ini bisa menghubungi agen Rawamangun di no telp (021)98268672